Header Ads

5 Tempat Wisata Alam di Kalimantan Barat yang Cocok Buat Healing

ist. self healing - Image by jcomp on Freepik
TIPS Lunna - Padatnya rutinitas yang dilakukan setiap hari dapat membuatmu merasa letih dan jenuh, sehingga ingin mencari suasana yang nyaman untuk menenangkan pikiran. Berwisata alam menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan self healing atau beristirahat sejenak dari kesibukan aktivitas rutin yang dijalani. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki keindahan alam yang menakjubkan yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk melakukan self healing, salah satunya terdapat di Provinsi Kalimantan Barat. 

Terletak di garis Khatulistiwa, menjadikan Kalimantan Barat sebagai provinsi dengan hutan tropis yang memukau karena keanekaragaman hayatinya sehingga sangat cocok menjatuhkan pilihan di provinsi ini untuk melakukan self healing. Kira-kira tempatnya dimana saja ya? Berikut ini adalah beberapa tempat wisata alam di Kalimantan Barat yang cocok untuk self healing dan dapat membuatmu merasa relaks.

1. Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (TNBBBR)

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (disingkat TNBBBR) merupakan kawasan konservasi yang menjadi taman nasional yang terletak di jantung Pulau Kalimantan, tepatnya di perbatasan antara provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Taman nasional ini sangat cocok untuk healing, karena udara segar dan suasana yang tenang dapat membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran.

TNBBBR - Foto: Wikipedia
Mengutip dari wikipedia, beberapa lokasi/objek yang menarik untuk dikunjungi di kawasan TNBBBR, diantaranya:
  • Arung jeram; lokasi arung jeram berada di Sungai Ella (wilayah Kalimantan Barat) terletak di km 35 jalan PT SBK (HPH PT Sari Bumi Kusuma) wilayah Resort Siyai/Desa Belaban, Kecamatan Menukung, Melawi.
  • Pendakian/panorama alam; terdapat dua bukit yang cukup menarik dan menantang untuk pendakian, yaitu puncak Bukit Baka (1.617 m dpl) dan puncak Gunung Bukit Raya (2.278 m dpl), serta puncak Gunung Bukit Asing (1.750 m dpl), Bukit Melabanbun (1.850 m dpl), Bukit Panjing (1.620 m dpl), Bukit Panjake (1.450 m dpl), dan Bukit Lesung (1.600 m dpl).
  • Sumber air panas Sepan Apoi, di daerah Desa Batu Panahan, tepatnya pada sungai Bemban (anak sungai Katingan).
  • Air terjun Demang Ehud; Air terjun yang merupakan patahan sungai Ella hulu.
2. Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS)

Taman Nasional Danau Sentarum (disingkat TNDS) adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Danau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan sejuk, dengan hutan yang rimbun dan air yang jernih. Danau ini sangat cocok untuk healing, karena suasana yang tenang dan indah dapat membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran.

Taman Nasional Danau Sentarum - Foto: Wikipedia @RaiyaniM
Taman Nasional Danau Sentarum mempunyai keanekaragaman hayati yang beragam, salah satunya adalah Ikan Arwana Merah. Sebagian kecil wilayahnya yang berbentuk bukit menjadi habitat dari meranti dan kerangas.

Di dalam taman nasional ini hidup beberapa spesies tumbuhan endemik seperti Caesaria spp, Croton cf ensifolius, Dichilanthe borneensis, Eugenia ambigua, Helicia cf petiolaris, Korthlsella cf germinans, Microcos cf stylocarpus, Rhodoleia spp, Ternstroemia cf toguian, dan Vatica cf umbronata.

Beberapa hewan yang terancam mengalami kepunahan juga hidup di dalam perairannya, seperti buaya sinyulong, buaya muara, buaya siam, dan ikan arwana merah yang langka.

Mamalia yang hidup di pinggir danau dan sungai dalam jumlah sedikit ialah orang utan dan bekantan. Selain itu, ada dua jenis burung langka yang dapat ditemui yaitu burung ruwai dan karau paruh merah.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah objek wisata alam berupa pantai yang berpasir putih dan panjang yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Pantai ini membentang sepanjang 3 kilometer, sehingga dinamakan pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang.

Pantai Pasir Panjang - Foto: Swiss-belhotel.com, Google
Di pantai Pasir Panjang ini, pengunjung dapat menikmati panorama laut yang berwanra biru yang indah. Di kejauhan pantai ini, pengunjung juga dapat melihat pulau Lemukutan, pulau Kabung, dan pulau Randayan yang dibatasi dengan perairan laut Natuna. 

Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli pantai dan sepak bola pantai.

Air laut di pantai ini cukup jernih dan bersih, sehingga sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam.

4. Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)

Taman Nasional Gunung Palung - Foto: Nicholas Salazar, Google
Apakah kamu tahu bahwa Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) memiliki tipe ekosistem yang dapat dikatakan sebagai yang paling lengkap di antara semua taman nasional di Kalimantan dan bahkan di seluruh Indonesia?

Ya, itu karena di kawasannya terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian 1.116 meter. Selain itu, TNGP juga adalah habitat bagi sekitar 2.200 ekor orangutan. Taman Nasional Gunung Palung merupakan salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Taman Nasional Gunung Palung - Foto: Nicholas Salazar, Google
Mengutip Indonesiabaik.id, Taman nasional yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di Kalimantan. Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar.

Keunikan tersebut membuat Taman Nasional Gunung Palung layak dikunjungi sebagai tempat untuk healing. Di Taman Nasional Gunung Palung terdapat obyek wisata yang menjadi unggulan yaitu antara lain wisata pegunungan dan air terjun Lubuk Baji, juga perjalanan ke desa Batu Barat, lalu ada jalur pendakian melewati riam-riam di Riam Berasap, hingga menikmati ekosistem flora dan fauna di Bukit Peramas.

5. Sungai Kapuas

Taman Alun Kapuas - foto: Kompasiana @rickynotes
Rekomendasi tempat healing terbaik sekaligus merupakan ikonnya Kalimantan Barat adalah Sungai Kapuas. Tidak sah rasanya jika mengunjungi Provinsi ini tanpa pergi ke sungai Kapuas. Ibarat sayur tanpa garam.

Bagaimana tidak, Sungai yang merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km ini, merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah.

Salah satu tempat favorit untuk mengunjungi sungai Kapuas adalah Taman Alun Kapuas. Lokasi wisata ini berada tepat di jantung ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak. Tata letaknya di tengah kota menjadikan Taman Alun Kapuas bisa dikunjungi dari arah mana saja, maka wajar saja jika hampir setiap harinya lokasi ini ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal hingga wisatawan asing yang datang bersama keluarga ke tempat ini. Taman yang merupakan salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak, dan sering disebut dengan nama Taman Alun-alun Kapuas itu sendiri terletak di Pinggiran Sungai Kapuas, Pontianak, tepatnya berada di depan kantor wali kota Pontianak yakni di sekitaran Jalan Rahadi Usman.

Selain Kelima tempat di atas, masih banyak tempat lain yang bisa di kunjungi untuk melakukan self healing di provinsi berjuluk Bumi Khatulistiwa ini. Kamu bisa mencoba mencari referensi lainnya di berbagai sumber di internet.
Diberdayakan oleh Blogger.